gravatar

Khasiat Cengkeh

Cengkeh (Syzygium aromaticum) termasuk jenis tumbuhan perdu yang dapat memiliki batang pohon besar dan berkayu keras, cengkeh mampu bertahan hidup puluhan bahkan sampai ratusan tahun , tingginya dapat mencapai 20 -30 meter dan cabang-cabangnya cukup lebat.

 Cabang-cabang dari tumbuhan cengkeh tersebut pada umumnya panjang dan dipenuhi oleh ranting-ranting kecil yang mudah patah . Mahkota atau juga lazim disebut tajuk pohon cengkeh berbentuk kerucut . Daun cengkeh berwarna hijau berbentuk bulat telur memanjang dengan bagian ujung dan panggkalnya menyudut, rata-rata mempunyai ukuran lebar berkisar 2-3 cm dan panjang daun tanpa tangkai berkisar 7,5 -12,5 cm. Bunga dan buah cengkeh akan muncul pada ujung ranting daun dengan tangkai pendekserta bertandan. Pada saat masih muda bunga cengkeh berwarna keungu-unguan , kemudian berubah menjadi kuning kehijau-hijauan dan berubah lagi menjadi merah muda apabila sudah tua. Sedang bunga cengkeh keringakan berwarna coklat kehitaman dan berasa pedas sebab mengandung minyak atsiri. Umumnya cengkeh pertama kali berbuah pada umur 4-7 tahun. Tumbuhan cengkeh akan tumbuh dengan baik apabila cukup air dan mendapat sinar matahari langsung. Di Indonesia , Cengkeh cocok ditanam baik di daerah daratan rendah dekat pantai maupun di pegunungan pada ketinggian 900 meter di atas permukaan laut.

Kandungan Cengkeh :

Minyak esensial dari cengkeh mempunyai fungsi anestetik dan antimikrobial. Minyak cengkeh sering digunakan untuk menghilangkan bau nafas dan untuk menghilangkan sakit gigi. Zat yang terkandung dalam cengkeh yang bernama eugenol, digunakan dokter gigi untuk menenangkan saraf gigi. Minyak cengkeh juga digunakan dlaam campuran tradisional choji (1% minyak cengkeh dalam minyak mineral) dan digunakan oleh orang Jepang untuk merawat permukaan senjata perang mereka.
Selain minyak cengkeh, yang juga terkandung dalam cengkeh adalah serbuk tangkai kuntum cengkeh (clove stem oil), dan daun cengkeh kering (clove leaf oil).
Sifat kimiawi dan efek farmakologis dari cengkeh adalah hangat, rasanya tajam, aromatik, berkhasiat sebagai stimulan, antiseptik, anestetik lokal, menghilangkan kolik dan obat batuk. Kandungan kimia pada cengkeh adalah karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B1, lemak, protein, dan eugenol.

Apa saja khasiatnya? berikut uraiannya seperti dilansir Times of India, Senin (7/5).

1. Pereda Stres
Anda mungkin bosan dengan terapi-terapi pereda stres yang menggunakan bahan berbahaya. Untuk itu, tak ada salahnya bila mencoba cara alami yang terbuat dari cengkih. Caranya, didihkanlah air yang dicampur dengan daun kemangi, daun mint, dan cengkih. Kemudian gunakan air tersebut untuk menyeduh teh. Bila Anda suka madu, bisa ditambahkan dalam seduhan minuman tersebut. Secangkir minuman sehat ini bisa bantu meredakan ketegangan pada diri Anda.

2. Sakit Gigi
Terganggu rasanya bila sakit gigi mewarnai hari-hari Anda. Untuk itu, cobalah gunakan cengkih untuk mengurangi rasa sakit dahsyat tersebut. Kandungannya antiseptiknya dapat mengurangi infeksi pada gigi. Caranya, oleskan minyak cengkih pada rongga dalam gigi yang berlubang. Setelah itu, rasakan perubahannya.

3. Gangguan Pencernaan
Cengkih memiliki aliran enzimatik dan meningkatkan fungsi pencernaan. Kandungan zatnya berguna untuk mengatasi iritabilitas lambung dan dispepsia. Menjilati bubuk cengkih goreng yang dicampur dengan madu secara efektif dapat mengendalikan muntah. Tindakan anestesi cengkih juga bisa membantu menangani nyeri perut dan membuat muntah berhenti.

4. Batuk
Mengunyah cengkih yang dicampur dengan garam dapat membantu mengeluarkan dahak Anda. Selain itu, kembang mungil itu juga dapat mengurangi iritasi pada tenggorokan. Mengunyah cengkih yang telah matang bisa menjadi obat efektif bagi batuk Anda.

Berikut beberapa cara penggunaan cengkeh untuk mengobati penyakit sehari-hari :

Sakit gigi : Cobalah meletakkan dua cengkeh utuh dalam mulut Anda. Biarkan cengkeh melembut, kemudian gigit perlahan untuk melepaskan kandungan minyak di dalamnya. Selanjutnya, gerakkan cengkeh tersebut ke area gigi yang sakit dan biarkan hingga setengah jam.

Menghilangkan bau mulut : 10 butir cengkeh dicuci lalu diseduh dengan 200 cc air panas, diamkan selama lima menit, kemudian saring, airnya dipakai untuk kumur-kumur, lakukan setiap hari secara rutin, dijamin nafas kamu segar dan bau cengkeh heuheu.

obat mual : 10 butir cengkeh, 20 gram asam jawa, gula air secukupnya direbus dengan 400 cc air sampai tersisa 200 cc sajah, ramuan tersebut disaring kemudian diminum selagi hangat.

mengatasi kembung: 10 butir cengkeh diseduh dengan air panas lalu digunakan sebagai teh, atau 5 sampai 10 butir cengkeh dimasukkan pada buah pir yang dilubangi dan dibungkus kertas aluminium foil lalu dibakar hingga matang, setelah matang, cengkeh dibuang, dan pirnya dimakan.

obat masuk angin; 10 tetes minyak cengkeh diseduh dengan 50cc air panas, tambahkan madu secukupnya, aduk hingga rata, minum selagi hangat.
obat sakit kepala; 5 butir cengkeh, 5 gram kayu manis, 5 gram biji pala, 5 butir merica dihaluskan hingga menjadi bubuk lalu diseduh dengan 100cc air panas, kemudian diminum.

mengatasi radang lambung; 5 butir cengkeh, 5 gram kayu manis, 5 gram biji pala, 5 butir kapulaga, 15 gram kulit jeruk mandarin, 150 gram lobak, labu parang secukupnya, semua bahan direbus dengan 1000 cc air panas, kemudian diminum.

obat batuk ; 10 butir cengkeh, 10 lembar daun sirih, 5 lembar daun tapak liman, 3 butir kapulaga, 2 jari kayu manis, gula aren secukupnya, semua bahan direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400cc disaring, kemudian diminum 2 kali sehari, sehari 200cc.

mengatasi infeksi pernafasan; “cengkeh bekerja sebagai ekspektoran, melonggarkan lendir di tenggorokan dan kerongkongan” ujar Neil Schachter, MD, seorang profesor dari Mount Sinai School of Medicine di New York City. Ramuan dari profesor adalah sbb: campurkan 2 batang cengkeh, selembar kayu manis, 2 biji kapulaga, lalu dihancurkan, setelah itu tempatkan dalam sebuah cangkir, tambahkan air mendidih dan biarkan selama 1-2 menit.

untuk pewangi pakaian alami ^__^ ; taruh beberapa batang cengkeh ke dalam lemari pakaian kamu, aroma cengkeh yang pedas akan menutupi bau tak sedap dan menjaga baju atau barang-barang kamu tetap segar. Ganti setiap 2 minggu sekali.

mengatasi noda jerawat; campurkan 1 sendok teh cengkeh, 1 sendok teh madu, 3 tetes jus lemon segar dalam mangkuk kecil. Oleskan ramuan tersebut pada wajah, biarkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air dingin.