gravatar

Dua Gelas Susu Sehari, Cukup

Susu dengan berbagai kandungan gizinya merupakan salah satu asupan penting bagi perkembangan anak.
Beragamnya pilihan rasa, menjadikan susu salah satu minuman favorit anak. Namun seberapa banyakkah asupan susu yang disarankan dalam sehari?
Menurut penelitian terbaru dari University of Toronto, Kanada, dua gelas susu sehari adalah jumlah yang disarankan.
Kandungan vitamin D dalam susu terbukti baik membangun tulang. Namun sayangnya, terlalu banyak konsumsi susu bisa berdampak pada berkurangnya zat besi dalam tubuh anak.
Hasil studi itu sejalan dengan saran The American Academy of Pediatrics (AAP). Yakni, mencukupkan asupan dua sampai tiga cangkir sehari susu pada anak.
"Salah satu pertanyaan paling umum yang dokter anak dapatkan dari orang tua adalah berapa banyak susu yang boleh diminum anak?" kata Dr Jonathon Maguire, peneliti di Rumah Sakit St Michael di Toronto seperti dikutip dari laman Time
Dalam penelitiannya, Maguire mengkaji hubungan antara asupan susu dan kadar zat besi pada anak.
Dia dan rekan-rekannya mengamati lebih dari 1.300 anak-anak usia 2 sampai 5, terkait berapa lama waktu yang dihabiskan anak di luar ruangan, pigmentasi kulit, dan indeks massa tubuh anak.
Sampel darah menunjukkan, anak-anak yang terlalu banyak minum susu, meningkat kadar vitamin D-nya namun berkurang kadar zat besi. Sementara, kekurangan zat besi dapat menyebabkan gangguan pengendalian diri, perasaan, pemusatan perhatian, pembelajaran dan perilaku anak.
Anak-anak yang minum dua cangkir susu setiap hari memiliki tingkat yang sehat Vitamin D dan besi, menurut hasil studi yang dipublikasikan dalam jurnal Pediatrics. "Mungkin," kata Maguire, "terlalu banyak hal baik bukanlah suatu yang baik."

Sumber : suaramerdeka.com