gravatar

enam porsi kopi sehari bisa menyebabkan kegemukan lho


Amankah minum bercangkir-cangkir kopi dalam satu hari? Meski tiga-empat cangkir kopi sehari terbukti efektif mencegah penyakit jantung, studi menunjukkan, enam porsi kopi sehari bisa menyebabkan kegemukan.
Penelitian oleh tim dari Western Australian Institute for Medical Research (WAIMR) dan the University of Western Australia's School of Medicine and Pharmacology menyebut, enam cangkir kopi sehari bisa menyebabkan kenaikan berat badan dan memicu kondisi pra-diabetes.
Para peneliti menemukan bahwa berlebihan mengkonsumsi polifenol jenis asam klorogenat (CGA), zat yang ditemukan dalam kopi, berimplikasi pada kesehatan. Yakni mencegah kehilangan lemak dan mengembangkan resistensi insulin pada tubuh.
Dalam studinya, peneliti menguji efek CGA pada tikus yang diberi dosis berbeda.
Tikus yang diberi dosis setara dengan lima atau enam cangkir kopi per hari menunjukkan retensi lemak dalam sel; yang berarti mereka menimbun lemak.
Tikus gemuk juga menunjukkan intoleransi glukosa lebih, kondisi pra-diabetes, dan peningkatan resistensi terhadap regulasi insulin.
Prof. Kevin Croft dari University of WA mengatakan, minum kopi dalam jumlah sedang membantu mengurangi tekanan darah dan akumulasi lemak.
"Tampaknya efek kesehatan (kopi-red) tergantung dosis. Asupan moderat kopi, hingga tiga sampai empat cangkir sehari tampaknya masih aman, bahkan membantu mengurangi risiko pengembangan penyakit jantung dan diabetes tipe 2," katanya, seperti dikutip medicaldaily.
Namun tidak disarankan meminum kopi lebih dari empat cangkir tiap hari.
Dilansir sciencealert, Asisten Profesor dari WAIMR, Vance Matthews, mengatakan, "Semua orang tahu tentang efek kafein, tetapi ketika kita sedang mempertimbangkan pilihan gaya hidup kita sangat penting untuk diingat bahwa senyawa seperti CGA dapat memiliki efek pada kesehatan kita jika mereka tidak dikonsumsi dalam jumlah sedang," katanya.

Sumber : Suara Merdeka 

gravatar
(Reply)

padahal kopi adalah salah satu minuman favorit saya.dan dalam sehari saya bisa minum sampai 10 gelas kopi.
ternyata itu yang membuat tubuh saya menjadi "bengkak" seperti ini ya